Errika Maydi

Hello! Saya Errika, Head Sales PT. Sejahtera Buana Trada. Anda dapat konsultasikan mobil idaman dengan saya.
Limited

All New Ertiga Irit Bahan Bakar, Ini faktor nya !

Suzuki Indonesia merilis mobil terbaru yang merupakan generasi kedua type Ertiga yaitu All New Ertiga yang telah terbukti memberikan angka konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan cukup irit. Saat mobil All New Ertiga di tes oleh seorang wartawan, mobil tersebut mengkonsumsi BBM diatas 20 km per liter nya. Padahal seperti yang telah di ketahui, mesin All New Ertiga terbaru menjadi lebih besar yaitu 1,5 liter. Hal tersebut dipengaruhi oleh salah satu fitur yang membuat mobil kian irit, yaitu penggunaan platform kendaraan Heartect.

Dijelaskan bahwa heartect point dasarnya yaitu mengenai bagaimana menjadikan sasis yang lebih ringan, lebih rigid dan lebih ringas dalam penggunaan besi dan baja yang lebih ringan dikarenakan oleh komposisi metal yang lebih sedikit. Hal ini dikemukakan oleh Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel.

“Platform yang tadinya kotak sekarang menjadi agak trapesium. Karena trapesium itu ada beberapa area yang bisa dikurangi, namun rigidity menjadi naik 10 persen dibandingkan platform yang lama. Mungkin tadi rekan-rekan bisa merasakan sedikit, perjalanan dari Kuta, body roll sudah mengalami perbaikan dibanding Ertiga sebelumnya, ini adalah salah satu sumbangsih dari Heartect,” jelasnya saat ditemui di Kuta, Bali, Jumat (29/6/2018).

Dengan platform yang lebih ringan tadi, otomatis beban mesin berkurang dan hasilnya konsumsi BBM yang lebih irit. 

“Kalau di platform Heartect, setiap 100 kg pengurangan bobot akan menambah konsumsi BBM 5-6 persen. Sementara dari hasil pengetesan konsumsi BBM mobil secara statik oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) mobil lebih irit 3,3 persen dibanding model lamanya dengan bobot Ertiga yang sekarang berkurang 50 kg, jadi ada korelasinya. Padahal mobil menjadi lebih panjang,” ujarnya.

Walaupun begitu, pihak Suzuki Indonesia tetap tidak mau menyebutkan berapa besaran bobot sasis Ertiga pada keseluruhannya meski ada penurunan total bobot kendaraan sebesar 50 kg.
“Itu kami tidak bisa info sasisnya berapa totalnya, itu data internal,” ujar Harold yang berusaha menyimpan rahasia dapur All New Ertiga

Platform yang menjadi faktor ini tidak hanya dikembangkan pihak suzuki di Indonesia, akan tetapi dikembangkan pula secara global dan bahkan sudah digunakan untuk mobil suzuki type lain yaitu Ignis dan Baleno. Sedangkan untuk masalah mesin, All New Ertiga terbaru dari Suzuki menggunakan mesin bensin terbaru dengan ruang kapasitas yang menjadi lebih besar yaitu 1,5 L serta memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar. Kebersamaan fitur – fitur tersebut membuat mobil Generasi terbaru dari Ertiga ini menjadi lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar. 

Selain itu mesin ini memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar daripada mesin K14B yang terdapat pada Ertiga sebelumnya, dalam dimensi yang lebih kecil sehingga memberikan ruang untuk interior yang lebih besar meskipun kapasitasnya lebih tinggi. Mesin ini memberikan hasil yang lebih sedikit kebisingan dan getaran yang dikeluarkan dalam berkendara sehingga menjadi lebih tenang, dan radiator yang sangat efisien memberikan output yang lebih tinggi serta performa AC yang lebih baik. Dan mesin ini pun dijanjikan bakal mampu menyemburkan 77 kW di RPM 6.000 dan memiliki torsi mencapai 138 di RPM 4.400.